h1

‘xxx & Keluarga’ plus ‘Dimulai dari 0’

October 3, 2008

Ya, ya, setelah mengarungi ujian untuk-tahun-ke-sekian-kalinya selama bulan puasa, akhirnya hari kemenangan bagi-yang-merasa-lolos-ujian-tsb tiba. Walopun pemerintah kita telah mengumumkan bahwa 1 Syawal jatuh pada 1 Oktober, dan organisasi Islam besar lainnya pun juga kompak berLebaran tanggal segitu, tetep aja ada beberapa saudara kita yang merayakannya di lain hari. Ada yang lebih cepat, dan ada juga yang lebih lambat. Tapi yaaa sudahlah.. dalil, hitungan, ato apapun itu yang dipakai sebagai pedoman, Lebaran selalu membawa keceriaan yang berbeda dari hari-hari lainnya.

Jadi, Happy IedFit everyone !

Trus.
Menjelang Lebaran tuh pasti tiba-tiba semua jadi rame.
Jalanan, Bandara, Stasiun, Terminal, Mal, Pasar, termasuk aktifitas HP.
Bukan, bukan Harry Potter. Bukan juga Harry Pantja (kok tiba2 inget dia ya? Udah pindah dunia dia, dulu kan di Dunia Lain). Apalagi HP yang itu tuh… si HP, yang suommmbong buangedth, yagn langsung mudik gitu aja tanpa ngasih THR. Ughhh !
HP disini akronim umum kok. Henpon, henpon, susah amat sih.
Sms tuh dateng bertubi-tubi dari fans, yang semuanya minta jumpa pers ngucapin selamat Lebaran gitu de, dengan tutur kata (cieehhh) yang beda-beda.

Lucunya,
sebagian dari sms-sms itu pasti nyamtumin salah satu di antara kalimat ini :
**. xxx & Keluarga (ganti xxx dengan nama Anda, dan temukan kedahsyatan nya)
**. Dimulai dari 0 ya

Lucu gimana? Ya lucu. Lujtu. Menurut aku tuh agak-agak kurang tepat gimanaaaa gitu. Gini, xxx & Keluarga itu kok sepertinya belum cocok untuk digunakan oleh kita-kita ini ya, yang memang belum berkeluarga. Kalo yang udah mah mangga2 wae’.
Penggunaan xxx & Keluarga memang dimaksudkan dari/untuk si xxx dan keluarganya. Naaahh ambigunya, ‘keluarga’ yang dimaksud ituh siapa? Setahu ku dan senalar ku sih yang dimaksud ‘keluarga’ itu ya suami/istri plus anak-anaknya. Bukan, errrr jarang termasuk papa, mama, adik, kakak, sepupu, ponakan, pakde, bude, om, tante, sodara jauh, apalagi pembantu-yang-udah-dianggep-sodara-sendiri.
Jarang. Jaraaaanggggg banget.

Jadi ya setiap baca kalimat itu di sms, aku selalu mau tidak mau berfikiran : ini dia apa udah kawin kali ya? Jahat amat ga ngundang-ngundang.
Hehe..

Aku tau, yang dimaksud oleh oknum pengirim itu dia+keluarga inti nya. Namun (namuuunnn… bahasanya…) kok terasa janggal yah. Aku pribadi sih karena masih single (JOMBLO LOH. HARAP HUB SAYA DI : 081227967**. Tetep. Usaha.), jadi pas ngirim-ngirim kek gitu cuma nyantumin nama ku doank.

Trus, trus.
Yang Dimulai dari 0 itu juga menggelitik hati.
Naon teh iyeu dimulai dari nol? Kilometer di odometer ituh? Ato itungan dosa-dosa?
Dan kenapa harus 0 yah? Maksudnya, apa gara-gara kita minta maaf lahir batin trus jadi 0 gitu? Apanyaaaa yang dari 0?
Sepemahamanku selama ini cuma yaaa pokoknya udah sama-sama ga ada dendam, amarah, dll di antara kita gitu. Tapi bahasanya kok harus Dimulai dari 0 yah.


Setiap baca kalimat itu di sms, aku selalu mau tidak mau berfikiran : ini dia kerja di spbu Pertamina-Pasti-Pas kali ya? Bahasa hasil training nya kebawa-bawa.
Hehe..(lagi)

,,
Tak papalah, bahasa kan bisa diartikan banyak.
Selama makna di dalamnya dapat di-satu-arti-kan di benak masing-masing, no problemo.

Minal Aidin wal Faidzin..
Soo long, bulan Ramadhan, semoga kita ketemu lagi tahun depan.
😉

19 comments

  1. Taqobalallahu minna wa minkum..
    maap lahir n bathin..


  2. sama2 bay-kun….
    😉

    blog sepi amad yakk.. huhuhu


  3. huba..huba…hukk..hukk…
    hawul..hawull…blahh..blahh…
    cupukk..cupukk…waw..waw…

    translate ( met idul pitri ye bang )


  4. […] rasanya gimana gitu. (Ketika saia menulis tulisan ini saia belum tahu kalo ternyata teman saia juga menulis tulisan sejenis ini. Saia tidak bermaksud mencuri ide lho, cuma berarti kita satu frame pemikiran. […]


  5. Selamat Idul Fitri 1429 H. Mohon Maaf Lahir Batin

    Wuah ternyata saia bikin tulisan yg hampir senada dg dirimu ya? Sama skali tidak ada unsur kesengajaan lho, tpi biar bagaimana krn senada ttp saia link-kan…


  6. @ ekosan
    Tuh kan, dah gw bilangin, lu klo balik ke papua tuh ngedon aja di rumah, jgn kmana2.
    Terlalu sering bergaul sm masyarakat primitf jadi lupa bahasa modern..
    Met Idul Pitri juge ye lay. Smoga Cinta Pitri ada sekuelnya lagi..

    @ YasirAlkaf
    kekekekekekkekeke, aku 3 hari duluan.
    Weeeee….. (julurin lidah)
    =p


  7. ohohohohohoh….

    lama gak nge-blog…ternyata ternyata…

    eh eh eh kayaknya siyh tau tuh itu sms punya sapa..?
    sapa yak..?
    yang penting kan niat dan maknanya…


  8. Met idul fitri

    mulai dari nOl :p


  9. @gurindang

    “lama gak nge-blog… ternyata ternyata…”

    ternyata apa?
    membeberkan keambiguan-mu kpd khalayak ramai?
    kekekke,,

    kapan balek bukkk…
    speninggalan engkau, saia sudah menjelajahi hepipapi-moviebox (lagi) plus beberapa t4 makan baru.
    kukukuk…


  10. @ aji

    met idul pitri juga jik..
    kapan niy diajak ke Mgl?

    Ada Mal kan disana ?
    21 ?
    Coffee shop ?
    Cafe ?
    Club ?
    Billiard ?
    Karaoke ?

    ..
    gada smua?
    Argghh.. klo gitu cinta jogja sajalah ya…

    Haha.

    (mulai dari 0? grrrrr… sms dari kmu termasuk salah satu tersangka, kan?)
    =p


  11. he3 bagus bisa sj wkwkwkwk

    dsna nda ad mal

    21 nya ad ( baca : layar tancep )

    cofee shop + cafe ad ( baca : angkringan) =) )


  12. okeh, maka niatan saya kesana semakin menipis…

    *ketawa-puas


  13. haduhaduh sijuz kerjaanya jalanjalan mulu..
    ngomongomong “mulai dari nol” orang yang minta maap pake cara ini pasti orangnya sombong,egois,masa bodo,sok penting..
    ya seperti di iklanya gt deh..
    mo ngisi bensin malah pake hape..
    ditawarin buka puasa malah marahmarah..


  14. hmmm…
    bay-kun pasti puny sodara ato tmn akrab yg kerja di advertising yg ngerjain iklan pe**amina ituh…

    promosi…


  15. Qoute :
    [
    original Post by : juz
    (JOMBLO LOH…..
    ]
    perlu konfirm dr eko dan tim insert niy
    hahahahha…

    KP gundul.. ma bapaknya baykunti tuuu


  16. blog gue dah di baruin tuh


  17. @ dieyou

    jomblo kok… klo mepet…
    =p

    @ekosan

    ih, promosi blog lu disini, tau aje lu traffic blog gw tinggi. Kakakakka


  18. emang semuanya ke betulan hal yg kawak gitu sh walow pun di dunia ini


  19. @ dede
    kalo menurutku lebih ke tradisi kali ya, karena kita terbiasa mengucapkan itu.
    Tradisi ambigu yg tetap dipertahankan.

    *seperti layaknya mempertahankan tradisi jam karet indonesia yg sudah turun-temurun*

    hehe,,



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: